Empat Syarat agar Masakan Indonesia Mendunia, Apa Saja?

Jember (beritajatim. com) – Masakan Indonesia memiliki keberagaman serta kekhasan yang memikat. Namun untuk bisa mendunia dan menjadi periode dari strategi gastrodiplomasi (diplomasi melalaikan masakan) diperlukan syarat-syarat tertentu.

Kristiarto Legowo, Duta Luhur RI untuk Australia, mengingatkan olahan Indonesia yang akan dipopulerkan sepatutnya memenuhi empat syarat agar diterima semua bangsa. “Pertama, harus umum delicious, artinya bisa diterima seluruh lidah. kedua unik, katanya, sama dengan dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dari webinar Ambassador Talk Series#1 bertema ‘Kuliner Nusantara Di Gastrodiplomasi Indonesia: Pengalaman Para Representatif Besar’, Jumat sore (24/7/2020) morat-marit.

Penyajian menarik serupa menjadi syarat penting agar masakan Indonesia mendunia. “Berikutnya jangan lalai juga, harus mempromosikan budaya Nusantara sebagai pembeda dengan makanan lantaran negara lain, ” kata Legowo.

Diaspora Indonesia menjadi aktor gastrodiplomasi. Patuh Legowo, WNI di Australia pas banyak, baik yang sekolah, bergerak, atau bahkan sudah menjadi awak negara Australia. “Mereka menjadikan restoran Indonesia di benua Kangguru barangkali ditemukan, ” katanya.

Arrmanatha Nasir, Duta Besar MENODAI untuk Perancis, mengingatkan kebutuhan Indonesia terhadap strategi nasional dalam melayani gastrodiplomasi. Adanya strategi nasional pada menjalankan gastrodiplomasi diyakininya akan menguatkan national branding dan identity branding Indonesia di mata dunia.

Nasir menyarankan, strategi nasional dalam menjalankan gastrodiplomasi ini hendaknya melibatkan semua pemangku kepentingan seperti pemerintah, swasta, dan diaspora Indonesia. “Ketiga, perlu adanya kampanye gastrodiplomasi Indonesia yang berkelanjutan, ” katanya. [wir/suf]