Gali Tanah, Warga Mojoagung Jombang Temukan Koin Kuno 3 Ember

Jombang (beritajatim. com) – Koin kuno sebesar tiga ember plastik patokan sedang ditemukan oleh awak Desa Betek Kecamatan Mojoagung saat menggali tanah untuk pondasi rumah, Kamis (20/5/2021). Selain uang logam, warga juga menemukan pecahan bata kuno, kendi, dan keris.

Anggota Koramil Mojoagung Sertu Sulis Ariyanto menjelaskan, penggalian pondasi tersebut berada di lahan milik kerabatnya yang bernama Suyitno. Sejak pagi sejumlah praktisi melakukan aktifitas di tanah tersebut. Mereka melakukan penelaahan tanah untuk pondasi.

Masa mata cangkul menghantam negeri di kedalaman 10 cm, sudah muncul kecurigaan. Karena material yang digali tidak hanya tanah. Namun serupa nampak pecahan bata kuno. Namun demikian, penggalian tetap dilakukan.

Nah, pada kedalaman 20 cm lebih, para penggali terkaget-kaget, karena dalam tanah itu terdapat koin kuno. Jumlahnya cukup banyak. “Ada serupa keris dan kendi, ” kata Sulis sembari menunjukkan benda-benda kuno yang dimaksud.

Tentu saja, penggalian pondasi itu dihentikan. Warga kemudian melaporkannya ke pihak berwajib. Warga sekitar pun berdatangan untuk tahu temuan tersebut. “Untuk tatkala, benda-benda itu disimpan di rumah warga, ” sambungnya.

Lokasi penggalian tanah yang hendak dijadikan pondasi vila di Desa Betek, Mojoagung

Koordinator Juru Pelaksana Situs Boreh Budaya Dinas Pendidikan & Kebudayaan (Disdikbud) Jombang David Widodo membenarkan temuan tersebut. Pihaknya juga sudah mendekati lokasi. Menurutnya, benda dengan ditemukan meliputi pecahan gerabah, uang kuno, dan keris dan beberapa benda lainnya.

Pihaknya serupa sudah melaporkan ke pembesar mulai dari Kasi lindungan budaya dan permuseuman dan Kabid kebudayaan, Disdikbud Jombang. “Temuan tersebut kami komunikasikan ke BPCB (Balai Pelestari Cagar Budaya) Jawa Timur, ” ujarnya. [suf]