Inspeksi SSC: Elektabilitas Eri Cahyadii 49, 9 Persen, Unggul 11, 8 Persen

Surabaya (beritajatim. com) – Menjelang Pilwali Surabaya 9 Desember nanti, Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil penelitian yang mereka lakukan. Riset ini menunjukkan sebaran peta politik Kota Pahlawan dalam detik-detik Pilwali Surabaya.

Didik Sugeng, selaku peneliti senior SSC memaparkan jika hasil survey elektabilitas yang mereka lakukan men keunggulan bagi pasangan dengan bagian urut 01 Eri-Armuji.

“Elektabilitas Eri-Armuji unggul dengan capaian 49, 9 persen. Sementara, pasangan Machfud Arifin-Mujiaman meraih 38, 1 persen. Eri-Armuni unggul sebesar 11, 8 persen, ” papar Didik kepada wartawan di Hotel Narita Surabaya, Rabu (2/12/2020).

Dari hasil survey elektabilitas dengan dilakukan, menurut akademisi Unitomo tersebut, ada 12 persen responden yang belum menentukan pilihan atau undecided voters.

“Ada jumlah selisih bagian sebesar 11, 8 persen. Selisih ini tentunya sangat besar dan menjadi tantangan besar untuk pertahanan Machfud Arifin-Mujiaman agar bisa memimpin Pilwali Surabaya, ” jelas Asuh.

Sebagai informasi, penelitian ini dilakukan SSC pada tanggal 19-24 November 2020 di 31 kecamatan di Surabaya. Responden dengan digunakan sebanyak 880 orang. Pengkajian dilakukan dengan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3, 3 persen dan pada tingkat keyakinan sebesar 95 persen.

Ikhsan Rosidi sebagai peneliti senior SSC menambahkan, jika Eri Cahyadi dan Armuji sama-sama unggul di survei top of mind untuk calon wali tanah air maupun calon wakil wali tanah air.

“Eri Cahyadi unggul 45, 9 persen di survey top of mind calon wali kota. Machfud Arifin meraih perkataan dari 37, 3 persen responden. Sementara 16. 8 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab, ” beber Ikhsan.

“Sementara kalau untuk calon pengantara wali kota, Armuji unggul 37, 4 persen. Mujiaman dipilih 18, 2 persen responden. Sedangkan 44, 4 persen memilih tidak tahu atau tidak menjawab, ” lanjutnya.

Sementara, terkait survey top of mind pasangan calon, Ikhsan juga memaparkan jika pasangan Eri-Armuji masih tetap unggul.

“Mendapatkan 46, 1 tip pilihan responden. Sementara pasangan MA-Mujiaman meraih 35, 9 persen. Sejumlah 18 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab, ” paparnya. [tok/but]