Kangen Masa Kecil, Yuk Nostalgia Jajanan Jadul ini

Surabaya (beritajatim. com) – Bagi kalian kelahiran tahun 90-an, jajanan di era tersebut sangatlah beragam. Hanya dengan kehormatan Rp100 hingga Rp500, cemilan dengan berbagai rasa tersebut mudah didapatkan di warung-warung terdekat.

Tak bisa dipungkiri, beberapa jajanan mulai sulit ditemui meskipun masih ada warung dengan menjualnya. Hal ini dipengaruhi pula dengan anak-anak kecil di zaman sekarang dengan tidak banyak menyukai jajanan di zaman dahulu.

Mari, kita sedikit flashback mengenai jajanan jadul yang mewarnai masa kecil kita.

Mie Gemez

Tanpa perlu dimasak, mie utama ini pernah menjadi kesayangan banyak anak di masanya. Untuk menyantapnya, mie biasa ini hanya perlu diremas dan diremukkan dalam kemasan, lalu ditaburi bumbu yang telah disiapkan di dalamnya. Rasanya pun bermacam-macam, ada rasa keju, ayam hati, ayam bakar, dan ayam goreng.

Mie Sakura

Selain mie gemez, ada mie sakura dengan tidak kalah nikmat. Sebelum disantap, harus direbus awal selayaknya mie rebus biasa. Biasanya disajikan dalam wadah steorofoam atau gelas plastik.

Cokelat Payung

Nah, coklat berbentuk payung ditutup ini sudah betul sulit ditemukan. Hanya dengan Rp100, kalian bisa memperoleh coklat yang dibungkus kertas mengkilap dengan stick melengkung ala payung.

Cokelat Koin

Selain cokelat payung, cokelat dengan wujud unik lainnya adalah cokelat koin. Bentuknya pun sangat mirip dengan koin, bundar pipih dengan ukiran koin di dua sisinya. Ditambah lagi dengan bungkus aluminium foil berwarna emas menghasilkan jajanan ini tampak terlihat seperti koin emas.

Choyo choyo

Masih di dunia percokelatan, choyo-choyo merupakan cokelat pasta yang wadahnya berupa cup mini. Tersedia dalam bermacam varian rasa yang membuat seluruh anak pada masanya wajib mencicipi.

Cokelat Kacamata

Bungkus cokelat mungil berwarna-warni ini memiliki bentuk seperti kacamata. Terbuat lantaran aluminium foil yang membentuk dua bulatan di ke-2 tengahnya. Biasanya, setelah cokelat habis dimakan, bocah-bocah ini akan memasangkan karet dalam kedua sisi dan mengenakannya selayaknya kacamata.

Permen Rokok

Sesuai namanya, bentuk permen ini betul mirip dengan rokok sah. Berbentuk silinder dengan lapisan kertas bergambar rokok. Tanpa salah, permen ini ternyata berupa susu bubuk cokelat yang memiliki rasa elok. Para anak kecil lazimnya akan memainkan sebelum dimakan, seperti menghisapnya dan menggembungkan asap seolah-olah perokok sungguhan. Siapa yang merasa elegan saat melakukan ini?

Permen Yosan

Permen satu ini sempat booming karena permainan yang digadang-gadang berhadiah. Dalam kemasan permen Yosan terhadap huruf spion, penikmat harus terus membeli permen sampai mengumpulkan tulisan yang membentuk kata YOSAN. Sayangnya, tidak banyak yang berhasil mengumpulkan hurus secara lengkap dan memenangkan hadiahnya. Permen karet ini memiliki tiga rasa, yaitu strawberry, jeruk dan melon, ketiganya terasa manis dan sip. Dengan bentuknya yang lempeng kecil.

Permen Magic Pop

Hayo, siapa yang tidak pernah membuktikan permen petasan ini? Terkenal dengan permen petasan sebab bentuknya yang berupa remahan keras akan meledak era dimasukkan ke dalam sombong. Ledakan kecil yang meletup dan membuat geli, secara rasa yang manis, mewujudkan orang merasakan sensasi seru saat mengunyahnya.

Dari berbagai jajanan pada atas, mana yang menjadi favorit kalian? [mnd/bjo]