Pemimpin Jokowi Beri Arahan Khusus Penanganan Covid-19 di Jatim, Sulsel serta Kalsel

Jakarta (beritajatim. com) – Presiden Joko Widodo menerima Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Pribadi dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gajah Kesehatan Terawan Agus Putranto, & Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Istana Langgas pada Senin, 22 Juni 2020.

Dalam pertemuan itu, Kepala Negara membahas tentang pengerjaan terkini penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah.

“Beliau menodong penjelasan tentang kondisi terakhir di kaitannya dengan pengurangan PSBB dalam beberapa daerah. Intinya apakah sedang terkendali atau tidak, ” perkataan Muhadjir dalam keterangannya selepas pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Muhadjir menjelaskan bahwa Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menilai saat ini penyaluran Covid-19 di Indonesia masih di dalam tahap terkendali dan penanganan penyaluran tersebut terus diupayakan secara suntuk.

Presiden memberikan perhatian besar bagi beberapa provinsi yang saat itu diketahui memiliki tingkat penyebaran Covid-19 yang masih tinggi. Ketiga provinsi itu ialah Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

“Beliau memberi arahan bagaimana supaya betul-betul bisa segera diatasi wilayah-wilayah ini terutama Jawa Timur. Beberapa arahan tadi saya kira akan segera kita tindak lanjuti, ” ucapnya.

Kurang arahan tersebut di antaranya ialah penambahan fasilitas yang diperlukan di penanganan pandemi di masing-masing provinsi tersebut. Selain itu, untuk Surabaya misalnya, Presiden menginstruksikan agar Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II untuk menangani Rumah Sakit Gawat Penanganan Covid-19. (ted)