Tumenggung Jember Perpanjang SK Ratusan Pelaksana Tugas OPD

Jember (beritajatim. com) – Bupati Hendy Siswanto memperpanjang surat kesimpulan untuk ratusan pelaksana perintah organisasi perangkat daerah eselon II, III, dan IV di tubuh Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

SK 721 karakter pejabat pelaksana tugas sudah kadaluwarsa Juni 2021. “Saya sudah teken SK gres pada Kamis malam (17/6/2021) untuk perpanjangan masa perintah tiga bulan lagi, ” kata Hendy, Senin (21/6/2021).

Hendy memiliki keinginan buat segera mendefinitifkan pejabat segera. “Kan dikirim ke Jakarta dulu. (Permohonan pendefinitifan pejabat) sudah dikirim ke Menteri (Dalam Negeri) seminggu dengan lalu. Tinggal menunggu sekadar. Sabarlah. Kalau saya woro-woro (mengumumkan), dikomentari semua orang, ” katanya tertawa.

Sebelumnya, Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi mengingatkan ketidakpastian hukum status pejabat pelaksana tugas setelah SK kadaluwarsa, berpotensi mengganggu pelayanan. Dengan kadaluwarsanya SK pemangku tugas itu, terjadi kekosongan jabatan di eselon II, III, dan IV. “Implikasinya banyak. Saya yakin para pelaksana tugas pasti bakal ragu-ragu mengeksekusi kebijakan dengan strategis, ” katanya, Sabtu (19/6/2021).

Roda pemerintahan pun mandek. Itqon memaklumi jika kemudian sebab ketidakpastian tersebut membuat leretan birokrasi lamban bergerak, karena selalu berkonsultasi dengan tumenggung sebelum melangkah.

“Itu normal, karena kewenangan pelaksana tugas sangat terbatas. Jadi beda dengan penguasa definitif. Itu karena kehati-hatian mereka. Saya pun seandainya jadi pelaksana tugas, selalu sama: akan ragu-ragu. Kewenangan saya kan juga terbatas sebagai pelaksana tugas, ” katanya. [wir/suf]